Memproteksi Program Aplikasi Tertentu

Memproteksi Program Aplikasi Tertentu : Jika computer kita sering digunakan oleh user lain terutama anak-anak kita yang masih kecil, kita perlu mencoba menggunakan freeware yang satu ini. Adalah Applocker yang memungkinkan kita untuk melakukan pengkuncian/pemrotekan terhadap suatu aplikasi tertentu. Dengan pengkuncian ini, pemilik komputer tidak akan merasa "was-was" lagi akan terjadinya resiko kerusakan dari suatu program tertentu karena ketidaktahuan si pengguna tersebut. Di samping itu, kita juga dapat mengkunci program aplikasi yang mungkin perlu pengawasan tersendiri ketika anak-anak menjalankannya, seperti program chatting, browser internet atau bahkan program game tertentu.
Sebelum menggunakan freeware yang direlease sejak 19 Januari 2009 ini, kita harus melakukan download terlebih dahulu. Pengunduhan dapat dilakukan di sini dengan besar file 991 Kb. Dengan file sebesar itu, maka tidak akan menghabiskan waktu yang lama untuk mendownloadnya.
Setelah berhasil melakukan download, lakukan instalasi pada komputer .Setelah sukses, coba kita jalankan Applocker tersebut, dan jika berhasil, kita akan mendapati jendela Application Locker, seperti di bawah ini.
Kemudian kita dapat mencentangi (check) salah satu atau beberapa aplikasi yang ingin kita proteksi/kunci.
Jika sudah, klik “Save” dan dilanjutkan dengan Close”.
Jika aplikasi yang dimaksud tidak ada dalam daftar tersebut, kita dapat melakukan konfigurasi sendiri melalui menu “Configure” hingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.
Kemudian isi dengan nama aplikasi pada “caption” kemudian isi nama file executable (*.exe) pada “Executable file Name” dan dilanjutkan dengan menekan Add.
Jika pengaturan selesai kemudian lanjutkan dengan menekan OK.
Sekarang, coba program aplikasi yang telah kita kunci tersebut dan pastikan program tersebut sudah terkunci. Jika ada user yang ingin mencoba menjalankan program yang sudah kita kunci maka akan mendapati komentar, seperti di bawah ini.
Catatan dan Requirements
  • Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk memproteksi file yang bersifat executable (*.exe) saja.
  • Requirements >> Windows 2K, Windows XP, Windows 2003, Windows 2008.
  • Yang tertarik, silakan mendownload Applocker silakan di sini.

0 Response to "Memproteksi Program Aplikasi Tertentu"

Post a Comment

Powered by Blogger.