Install Ubuntu di VMware

Sebenarnya sudah lama tulisan ini disimpan dalam draft post blog ini, tapi males banget untuk menyelesaikannya. Tapi berhubung ada tugas kuliah yang berhubungan dengan VMware dan linux, maka semangat menyelesaikan tulisan ini menyala lagi. Dengan harapan tulisan ini bisa bermanfaat bagi temen-temen sekelas yang ingin mencoba sendiri.
Wokeh … ga perlu banyak basa-basi, mari kita tuntaskan urusan ini….
Langkah pertama adalah menginstal VMware Workstation untuk windows. VMware merupakan salah satu software untuk membuat virtual machine. Kita dapat membuat dan menjalankan beberapa virtual machine pada PC atau laptop.Setiap virtual machine merepresentasikan sebuah PC yang memiliki Processor, memory, Hardisk, CDROM, flopy, koneksi jaringan serta port peripheral. Pokoknya seperti PC di dalam PC dah. Dengan demikian kita bisa mencoba berbagai system operasi , tanpa takut data di komputer yang kita pakai hilang, atau kita bisa bersimulasi untuk membangun sebuah server dan juga kliennya yang konek jaringannya pada PC kita. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang VMware buka saja http://www.vmware.com/, jika ingin tahu software Virtual machine lainnya wikipedia mungkin akan membantu.
Untuk memdapatkan VMware yang legal tentu saja anda harus membeli di situsnya, kalau yang bajakan banyak bertebaran di internet, tinggal pinter-pinter nyarinya aja. Kali ini saya akan menggunakan VMware Workstation Ace Edition Versi 6, yang saya dapatkan dari seorang teman he..he..
  1. Jalankan file instalasi VMware, kemudian akan tampil jendela selamat datang di instalasi wizzard seperti ini.
  2. Berikutnya kita diminta memilih type instalasi, sebagai awalan kita pilih tpe typical saja.
  3. Selanjutnya di folder mana file program VMware akan disimpan
  4. Terus dimana saja shortcut VMware akan dibuat, pilih yang kita inginkan saja.
  5. Selanjutnya konfirmasi bahwa setup program siap dilaksanakan.
  6. Setup program VMware sedang dijalankan, tunggu sampai prosessnya selesai.
  7. Klik Finish untuk mengakhiri wizard instalasi VMware, selanjutnya kita diminta untuk merestart komputer supaya instalasi komplet.
Saat ini kita sudah mempunyai Virtual machine di PC atau laptop kita. Langkah selanjutnya adalah meng-create sebuah Virtual Machine yang akan kita install Ubuntu. Langkah ini akan saya bahas pada Install Ubuntu di VMware


VMware kali ini kita akan meng-create sebuah virtual machine yang nantinya akan kita install ubuntu. Pada proses ini bisa di ibaratkan seperti kita merakit sebuah PC beneran, kita tentukan OS apa yang akan kita gunakan, berapa memorinya, space Hard Disk-nya, berapa NIC yang kita gunakan dan seterusnya. Tetapi karena ini adalah merakit PC virtual maka yang terjadi adalah kita mengcreate file yang berisi konfigurasi terhadap pilihan hardware yang kita lakukan.
Supaya lebih jelas mari kita praktikan saja.
  1. Terlebih dahulu kita jalankan VMware yang sudah di install sebelumnya. kurang lebih tampilannya akan seperti ini.
  2. Klik icon New Virtual Machine, atau menu File->New->Virtual Machine untuk memulai membuat sebuah virtual machine baru
  3. Maka akan tampil sebuah jendela wizzard untuk membuat sebuah Virtual Machine baru, klik next untuk melanjutkan.
  4. Berikutnya akan tampil pilihan jenis configurasi virtual machine, sebagai awalan kita pilih yang typical saja, setelah itu klik next.
  5. Maka akan tampil pilihan jenis sistem operasi yang akan di instal pada virtual machine ini (Guest Operating System) dan versinya. Karena kita akan menginstal Ubuntu maka pada pilihan Guest Operating System pilih Linux dan Version kita pilih Ubuntu
  6. Berikutnya akan tampil jendela untuk membuat label/nama dan lokasi penyimpanannya untuk vrtual machine kita buat, selanjutnya klik next
  7. Berikutnya adalah pilihan type network yang akan kita gunakan. Bridge networking artinya Guest Operating System (GOS) bisa akses langsung jaringan pada komputer yang kita instal vmware, sehingga IP address yang kita berikan pada GOS harus satu segment dengan IP komputer kita. NAT artinya GOS bisa konek dengan jaringan luar melalui komputer fisik kita. Host only Networking artinya GOS tidak bisa konek dengan jaringan eksternal. dan satu lagi tanpa network koneksi. Pada kasus ini kita pilih saja Bridge networking.
  8. Berikutnya adalah menentukan berapa besar space hard disk yang dialokasikan untuk GOS
  9. Selesai sudah kita merakit PC virtual kita. Klik finish untuk mengakhiri wizard ini.
  10. Maka akan ditampilkan detil dari konfigurasi Virtual machine untuk ubuntu kita.
  11. Untuk mengatur ulang setingan hardware yang digunakan tinggal klik 2 kali pada nama device nya. Contohnya memori yang dialokasikan untuk GOS terlalu besar, bisa kita atur ulang seperti ini

    atau kalau ingin menggunakan file iso untuk menginstall ubuntu, maka tinggal di seting di cdromnya, terus pilih use iSO image dan tentukan dimana lokasi ISO image berada.
Sekarang semuanya sudah siap. tinggal kita menyalakan Virtual Machine baru kita untuk menginstall ubuntu.
Setelah persiapan sudah kita lakukan pada part 1 dan part 2, kini saatnya untuk memasuki tahapan ke 3 yaitu menginstall Ubuntu. Ubuntu yang saya gunakan adalah Ubuntu versi 9.04 (Jaunty Jackalope) dengan kernel linux-2.6.28.generic. Untuk CD instalasinya saya menggunakan file iso yang sebelumnya sudah saya download dari situs ubuntu. Untuk merubah setingan dari CDROM yang digunakan VMware bisa dilihat pada tulisan saya sebelumnya. Untuk memulai menginstal ubuntu, VMware yang sudah kita install harus dijalankan terlebih dahulu. Setelah jendela VMware terbuka, kini saatnya untuk menyalakan Virtual Machine kita dengan menekan icon play pada toolbar atau pada kolom command klik Start Virtual Machine.

Maka Virtual Machine kita kan melakukan booting. Untuk berinteraksi dengan Virtual Machine (VM) tersebut tinggal klik pada jendela VMware dan jika ingin kembali ke komputer Windows kita (host) tekan bersamaan Ctrl + Alt pada keyboard.
  1. Terlebih dahulu kita seting BIOS, agar melakukan booting dari CDROM. Tekan F2 pada saat VM kita melakukan boot, Setelah tampil jendela seting BIOS rubah boot option ke CDROM

    Kemudian keluar dan simpan setingan BIOS
  2. Maka VM kita akan booting ulang dari CDROM, selanjutnya akan tampil pilihan bahasa untuk ubuntu kita. Pilih salah satu bahasa selanjutnya tekan enter.
  3. Maka akan tampil pilihan apakah kita ingin menjalankan liveCD ubuntu, melakukan instalasi, dll. Pilih install ubuntu kemudian tekan enter.
  4. Maka ubuntu akan meload file instalasi.
  5. Setelah selesai, akan tampil Jendela selamat datang. Kita diminta untuk menjawab pertanyaaan unutk keperluan system yang akan kita install. pertanyaan pertama adalah bahasa yang akan digunakan untuk instalasi dan bahasa ini akan menjadi bahasa system jika instalasi selesai.
  6. Pertanyaan berikutnya adalah Time zone yang kita gunakan, tentu saja memilih Jakarta setelah itu klik forward.
  7. Selanjutnya adalah memilih keyboard layout, pilih saja USA.
  8. Berikutnya adalah meyiapkan space hard disk unutk ubuntu, supaya gampang pilih saja use entire this disk
  9. Selanjutnya jawab pertanyaan tentang nama pengguna, nama login, password dan nama komputer. selanjutnya klik forward.
  10. Yang terakhir adalah konfirmasi apakah semua jawaban yang dimasukan sudah sesuai, jika belum klik back dan jika sudah klik install.
  11. Maka proses penginstallan ubuntu dimulai, tunggu samapi proses selesai.
  12. Jika sudah selesai anda diminta untuk reboot VM nya.
  13. Tunggu beberapa saat maka kita akan diminta untuk mengeluarkan CD dari tray, karena saya menggunakan file ISO maka kita tinggal tekan enter, dan pada saat VM booting , seting ulang BIOS pada boot option nya, ganti first bootnya ke Hard Disk. selanjutnya Save dan reboot VM lagi.
  14. Masukan user dan password login yang sudah kita masukan sebelumnya.
  15. Ubuntu Jaunty Jackalope sudah siap digunakan.


1 Response to "Install Ubuntu di VMware"

Powered by Blogger.